February 13, 2019

2 Days 1 Night

Hi readers! Kali ini aku mau mengenalkan kalian pada salah satu variety show korea selatan yang berjudul 2 Days 1 Night (2D1N). Awalnya, aku iseng nonton 1 episode di youtube, lalu lama kelamaan jadi nagih karena konsep dan komedinya dapet banget. Ohiya, aku nonton ini karena sebatas mencari hiburan aja dan ternyata sekarang ketagihan, so ngga selalu yang paham korea-koreaan aja yang bisa nonton ini. Buat kalian yang kebetulan lagi suntuk, bosan, dan butuh ketawa, aku saranin banget buat nonton!

Perjalanan
Sejauh ini, 2 Days 1 Night yang tayang di stasiun tv KBS udah diproduksi sampai Season 3. Season 1 dimulai pada tahun 2007 sampai tahun 2012, sementara itu Season 2 dimulai pada tahun 2012 sampai tahun 2013. Season 3 yang dimulai pada tahun 2013 masih tayang hingga sekarang yaitu tahun 2019. Ohiya, kebetulan aku hanya ngikutin yang Season 3 aja guys hehe. Variety show ini memiliki konsep yaitu menjalankan misi selama 2 hari dan 1 malam (jadi, para member tidurnya nginep satu malam ya) dengan berkeliling ke penjuru negeri Korea Selatan. Banyak banget misi yang dijalani, seperti misi makan siang, misi makan malam, misi tidur indoor atau outdoor, dan misi pagi hari. Umumnya, para member dibagi menjadi 2 kelompok yang nantinya akan bersaing untuk menjadi juara. Eits, tenang aja, persaingan ini akan dibumbi dengan komedi kok. Terkadang mereka juga diberi misi individu, jadi ngga selalu bersaing dalam kelompok.

Contoh sederhananya, dalam menjalankan misi makan siang dan makan malam, kelompok yang menang akan diberi satu set makanan, sedangkan kelompok yang kalah akan dibiarkan kelaparan. Untuk misi tidur indoor atau outdoor, pemenangnya akan tidur di dalam ruangan lengkap dengan bantal dan selimut yang hangat, sedangkan member yang kalah akan tidur di luar ruangan yang biasanya menggunakan tenda. Eits, hukumannya nggak semudah itu. Iya tidur di dalam tenda, tapi lingkungan sekitarnya bakalan di luar dugaan kalian. Mereka pernah tidur menggunakan tenda di tengah kebun binatang yang bersebelahan dengan kandang singa, di atas danau, di tengah stadion bola, di rooftop bangunan, di wahana permainan, di sebelah rumah hantu, di puncak gunung, dan yang paling epic adalah tidur di sebuah pulau terpencil (tanpa listrik dan lampu) sendirian. Iya, sendirian!

Permainan yang dimainkan pun sangat-sangat bervariatif. Salut banget sama tim penulis, tim kreatif, dan tim produksi yang nggak pernah kehabisan akal buat bikin permainan. Oleh karenanya, kalian nggak akan pernah bosan dengan permainan yang dimainkan karena bakalan variatif dan ganti-ganti, seru banget pokoknya. Poin plus nya lagi adalah, kekeluargaan di antara member ini sangat hangat sekali. Udah bertahun-tahun bareng, pastinya mereka udah sangat mengenal satu sama lain. Selain itu, para member juga srawung banget sama kru dan staf, jadi terkadang mereka juga diikutsertakan dalam berbagai permainan. Low profile banget kan mereka?

Saat berjalan-jalan mengarungi negeri Korea Selatan, acara ini akan memperkenalkan sejarah, tempat wisata, dan juga aneka macam kuliner pada kota yang dituju. Selain menghibur, acara ini juga mendidik banget karena kita bisa dapet banyak banget informasi, sejarah, dan pengetahuan yang mengagumkan dan kadang juga mengharukan mengenai Korea Selatan. Siap-siap nafsu makan naik deh kalau nonton acara ini, karena makanan-makanannya terlihat enak banget. Oiya, mereka juga pernah syuting ke luar negeri loh seperti Cuba, Kazakhstan, dan Rusia. Di salah satu episode, mereka juga mendatangi ujung perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara. Seru banget nggak sih?

Galeri



Kesan
Baru pertama kali ini aku suka dan cinta banget sama sebuah program televisi khususnya variety show. Dari keseluruhan 253 episode yang tayang pada Season 3 sampai detik ini, semuanya udah aku tonton. Durasi satu episode rata-rata 75 menit, jadi kalau dijumlah kira-kira aku udah nonton  sebanyak 18.975 menit atau 316 jam. Terlebih lagi, variety show ini bisa ditonton lewat Youtube lengkap dengan subtitle Inggris dan Indonesia, jadi enak banget kan ngga pake ribet. Namun demikian, kadang episode di Youtube terlambat tayang hingga berminggu-minggu, agar tetap bisa up-to-date bisa nonton lewat VIU. Ngga perlu jadi member premium kok untuk bisa nonton lewat VIU, tinggal download aplikasinya aja atau bisa lewat web nya langsung.

Setelah dipikir-pikir, patah hati terbesarku dalam dunia hiburan nanti kayaknya waktu 2D1N Season 3 ini selesai produksi. Terdengar lebay, tapi kayanya aku bakalan nangis sih hahaha. Terdengar mustahil , tapi aku berharap keenam member saat ini yaitu Kim Jun Ho, Kim Jong Min, Cha Tae Hyun, Jung Joon Young, Yoon Shi Yoon, dan Defconn akan bertahan di acara ini sampai selama-lama-lamanya. Pengenalan mengenai masing-masing member bakalan aku bahas di postingan selanjutnya ya. Ilbak? Il!

No comments:

Post a Comment